Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): Chyber Way Media Latih Kasek – Bendahara

Sabtu, 16 Februari 2013

Chyber Way Media Latih Kasek – Bendahara

*Terkait Pembuatan SPJ BOS dengan e-BOS

LUBUKLINGGAU-CV Chyber Way Media Semarang sejak 11/2 lalu memberikan pelatihan kepada Kepala seklolah (Kasek) dan bendaharawan SD dan SMP mengenai pembuatan Surat Pertanggung Jawaban Bantuan Operasional  (SPJ BOS.
Dalam kegiatan ini CV Chyber Way Media memberikan software e-BOS pembuat SPJ BOS untuk jenjang SD dan SMP.
Eksekutif marketing CV Chyber Way Media Semarang, Risan Fahmi Junariska Atau akrab disapa Juna saat dibicangi Harian Silampari, menjelaskan dalam kegiatan itu pihaknya memberikan simulasi bagaimana cara pemanfaatan software e-BOS yang diberikan kepada seluruh peserta.
Dalam melakukan simulasi tersebut para peserta dibimbing oleh Budi Darawan dan Awan Apriantosa.Keduanya berasal dari CV Chyber Way Media Semarang.
Selanjutnya Kata Juna selain diberikan simulasi cara penggunaan software e-BOS para Kasek dan bendaharawan juga diberikan buku panduan dan video tutorial.
“Selama ini kita ketahui para bendaharawan maupun tim manajemen BOS mengalami kesulitan dalam perhitungan maupun penyususnan SPJ dana BOS. Karena itu kita merancang/mendesain sebuah software yang dapat membantu mempermudah dalam pembuatan pelaporan dana BOS,”terang Juna
Dia juga mengungkapkan software e-BOS yang diberikan kepada peserta telah dirancang sedemikian rupa untuk membantu meringankan kerja dalam menyusun SPJ BOS.
Juna berharap software tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik serta membantu pekerjaan berat bendaharawan maupun tim manajemen BOS.
Ketua panitia pelaksana , Sukamto yang juga sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas didampingi sekretaris panitia, Masruroh kepada Harian Silampari, Jumat (15/2) menjelaskan pelatihan ini dilakukan atas dasar tawaran dari CV Chyber Way Media Semarang kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas beberapa waktu lalu.
Diungkapnya, pelatihan pembuatan SPJ BOS dengan menggunakan software e-BOS ini diperuntukan bagi 92 SMP dan 429 SD negeri dan swasta yang tersebar di-21 Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas.
Pelatihan Kasek dan bendahara SMP telah dilakukan pada  11-12/2 lalu. Selanjutnya untuk jenjang SD diselenggarakan lebih lama yakni 13-19 /2 . hal ini dikarenakan jumlah SD yang ada jauh lebih banyak dari pada SMP.
Ke-429 SD ini dibagi menjadi enam kelompok, dimana satu kelompok terdiri dari 70 sampai 72 orang. Enam kelompok ini akan diberikan pelatihan selama satu hari masing-masing kelompok.
“ kalau untuk SD kita bagi menjadi enam hari, karena jumlahnya banyak,satu harinya ada yang 70 ada juga yang 72 orang,”ujar Masruroh.
Program baru Dinas Pendidikan Kabupaten  Musi Rawas ini digulirkan karena melihat selama ini pengerjaan atau pembuatah SPJ penggunaan BOS dilakukan manual (tanpa software pendukung). Pada pelatihan ini seluruh sekolah diberikan software pendukung pembuatan SPJ BOS. Software ini dinamakana e-BOS.
Pantauan Harian Silampari, Jumat (15/2) seluruh kepala dan bendahara sekolah mendengarkan penjelasan dari instruktur CV Cyber Way Semarang  mengenai software e-BOS tersebut. Setelah itu dihadapan Laptop masing-masing kepala dan bendahara sekolah ini mempraktekan cara pemanfaatan software tersebut,dengan diarahkan oleh dua orang pembimbing. (HS-01)


Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))