Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): 24 Maret Batas Akhir Uji Kompetensi

Sabtu, 16 Februari 2013

24 Maret Batas Akhir Uji Kompetensi

LUBUKLINGGAU-Memasuki Maret mendatang seluruh sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Kota Lubuklinggau akan mulai melaksanakan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) tahun ajaran 2012/2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan limit waktu pelaksanaa UKK 2013 sampai dengan 24 Maret 2013. Hal ini tertuang pada Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2013.
Hal ini dibenarkan oleh sejumlah  SMK di Kota Lubuklinggau, salah satunya SMK Negeri 3 Lubuklinggau. Kepala SMK N 3 Lubuklinggau,Burniat Rais kepada Harian Silampari mengatakan bahwa 24 maret 2013 merupakan batas akhir  pelaksanaan Uji Kompetensi diseluruh SMK di Indonesia termasuk Kota Lubuklinggau.
" 24 Maret mau tidak mau  harus sudah  selesai ujian, jadi kapan pun pelaksanaanya tergantung sekolah yang penting tidak lewat batas"ujar Burniat
Selanjutnya kata dia untuk pelaksanaan UKK di SMK N 3 Lubuklinggau akan diawali oleh jurusan teknik otomotif, setelah itu akan dilanjutkan oleh jurusan lainya,seperti teknik Elektronika, teknik gambar bangunan dan teknik komputer jaringan.
Jurusan yang banyak digandrungi pelajar ini memang sengaja didahulukan melaksanakan UKK,karena jumlah peserta didiknya lebih banyak dari pada jurusan lainya.
Peserta didik jurusan otomotif yang terbagi dua program kejuruan yakni teknik kendaraan ringan dan teknik sepeda motor berjumlah 87 orang dari jumlah keseluruhan 202 orang. Artinya dari empat jurusan yang ada di SMK ini jurusan teknik mesin mendominasi peserta didik.
" Jurusan ini (teknik otomotif) peserta didiknya paling banyak dibanding jurusan lainya, karena itulah UKK nya kita dahulukan di jurusan ini. Sebab untuk jurusan otomotif pelaksanaan uji kompetensi dalam satu hari paling banyak hanya bisa delapan orang,"terang Burniat
Saat ditanya mengenai kepastian jadwal pelaksanaan UKK,Burniat belum bisa memastikan karena sampai saat ini belum ada edaran mengenai kepastian  pelaksanaan ujian sekolah. "Rencanya kita laksanakan setelah selesai ujian sekolah,tapi belum ada pastinya kapan US ini dimulai,"tambahnya
Informasi yang beredar disejumlah sekolah saat ini,pelaksanaan US akan dilakukan pada 4 -9 maret 2013.Namun menurut keterangan Burniat hal ini belum bisa dipastikan karena belum ada edaran dari Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau.
"Kalau memang 4 sampai 9 Maret pelaksanaan US,berarti mulai 11 maret kita laksanakan UKK,"sambungnya
Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa selain melaksanakan uji kompetensi kejuruan pelajar SMK N 3 Lubuklinggau juga akan menghadapi beberap ajian lainya seperti  pada 18 April akan melaksanakan ujian teori kejuruan,dan ujian praktek lainya. Dan kemudian akan melaksanaan ujian nasional sesuai dengan jadwal ditetapkan Kemendikbud. (HS-01)
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))