Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): Jalan Rawas Ilir Segera Ditingkatkan

Sabtu, 19 Januari 2013

Jalan Rawas Ilir Segera Ditingkatkan

MUSI RAWAS- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) Kabupaten Musi Rawas (Mura), H Aidil Rusman mengatakan jalan sekitar wilayah Kecamatan Rawas Ilir segera diperbaiki dan dilakukan peningkatan.
Hal ini menyusul protes dilakukan masyarakat Kecamatan Rawas Ilir mengeluhkan jalan diwilayah mereka rusak parah pasca terjadinya bencana banjir akibat luapan Sungai Rawas beberapa waktu lalu hingga kini belum juga dilakukan perbaikan. Sehingga masyarakat kesulitan menggunakan akses jalan karena sulit dilalui kendaraan.

“Pembangunan maupun peningkatan jalan diwilayah Kecamatan Rawas Ilir memerlukan penilaian dan perhitungan tersendiri. Sebab kondisi tanah dan posisi badan jalan yang berdekatan dengan jalur sungai harus diperhatikan secara teliti agar saat terjadi luapan air sungai pada saat musim hujan jalan tidak ikut tergenang,” jelas Aidil saat dikonfirmasi Harian Silampari.

Penilaian ekstra ini wajib dilakukan karena mengingat air merupakan musuh utama aspal jalan. Sehingga jika terlalu sering digenangi oleh air otomatis jalan akan menjadi labil dan cepat rusak. Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan dari awal agar nantinya jalan yang telah dibangun dapat bertahan lebih lama.

Khusus untuk wilayah Kecamatan Rawas Ilir pihak PU BM Kabupaten Mura menerapkan pembangunan jalan menggunakan dua metode. Yang pertama adalah menggunakan rigid atau cor beton sehingga badan jalan lebih tinggi dari tanah sekitar. Sehingga jika terjadi hujan lebat ataupun luapan air sungai, air yang masuk kebadan jalan dapat segera terbuang kesisi masing-masing badan jalan.

Setelah itu baru dilakukan pengaspalan, sehingga jalan yang dibangun nantinya dapat lebih keras dan mampu bertahan dari genangan air.
“Memang biayanya menjadi jauh lebih mahal dari pada pengaspalan biasa, namun langkah ini kita ambil agar jalan dapat bertahan lama. Tidak masalah anggaran pembangunan sedikit besar asalkan masyarakat dapat lebih lama menikmati jalan tersebut,” terang Aidil.

Menurutnya untuk tahun 2013 ini terdapat penambahan jalan diwilayah Kecamatan Rawas Ilir sepanjang 11 kilometer berupa rigid dan aspal dengan anggaran biaya pembangunan diperkirakan mencapai Rp 40 milyar. Dirinya berharap masyarakat ikut serta secara aktif merawat dan menjaga jalan yang telah dibangun pemerintah sehingga tidak rusak dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama.(HS-05)

Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))