Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): Bawang Putih Penganti Formalin Pada Tahu

Rabu, 23 Januari 2013

Bawang Putih Penganti Formalin Pada Tahu

LUBUKLINGGAU- Dinas Perindustian dan Perdagangan Lubuklinggau menawarkan alternatif pengawet penganti formalin bagi produsen tahu, yaitu bawang putih, kunyit. Alternatif ini, diberikan setelah ada temuan tahu mengandung formalin yang ditemukan di Pasar Inpres Lubuklinggau beberapa waktu lalu.
Menurut kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lubuklinggau, Surya Darma melalui kepala Bagian Perindusrtrian, Sarifuddin yang dijelaskan staf Perindustrian, Lutfiana, menurutnya, bahan alami seperti kunyit, bawang putih, chitosan dan asap cair memiliki zat khusus yang dapat mengawetkan tahu.

"Sebenarnya produsen tahu sudah beberapa kali kami ajak untuk melakukan kunjungan kerja ke beberapa wilayah penghasil tahu disana para prosuden tahu Lubuklinggau diajari bagaimana cara memproduksi tahu sehat, awet tanpa formalin, tapi sungguh disayangkan kasus tahu berformalin ditemukan beberapa waktu lalu,” katanya.

Tahun 2011 lalu, Lutfiana, menceritakan, Disperindag pernah mengajak beberapa produsen tahu Lubuklinggau, untuk melihat dan mengikuti cara kerja produsen tahu di daerah Lembang, Bandung. Dimana didaerah tersebut, produsen tahu menggunakan bawang putih dan kunyit sebagai bahan pengawet tahu. Hasilnya, tidak hanya makanan tersebut sehat, melainkan tingkat produksi terus bertambah sehingga menghasilkan keuntungan lebih banyak bagi para produsen.

“Saat ini konsumen tidak memerluhan makanan murah tapi tidak sehat, tapi sebaliknya konsumen membutuhkan makanan sehat walau harga mahal. Sebab biaya kesehatan akan lebih tinggi jika, dampak dari makanan tidak sehat tersebut mulai dirasakan, misalnya saja kercacunan tentu itu membutuhkan perawatan khusus pihak medis. Biasanya biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal dibanding dengan biaya yang dikeluarkan ketika membeli makan tersebut,” jelasnya.

Menurut Lutfiana yang ia langsir pada salah satu majalan online nasional, untuk makanan sejenis tahu putih atau kuning, sebaikanya diawetkan dengan bawang putih. “caranya, ambil beberapa siaung bawang putih kemusian digerus. Setelah lembut tambahkan air air dan disaring,” jelas Lutfi.

Air dari bawang putih tersebut difungsikan sebagai rendaman tahu. “Bawang putih mengandung antiseptik yang mampu menjadikan tahu bertahan hingga dua hari, selain awet tahu akan terasa makin enak dengan rendaman bawang putih,” bebernya. (HS-06)




Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))