Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): Ajak Semua Pihak Duduk Bersama

Rabu, 23 Januari 2013

Ajak Semua Pihak Duduk Bersama

SEMENTARA Itu, menyelesaikan berbagai persoalan dan pengaduan dari para petani terkait hilangnya air dibeberapa titik BEndung Kelingi (BK) yang telah selesai diperbaiki, Badan Wilayah Sungai Sumatera VIII Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi I akan mengajak semua pihak musyawarah mencarikan jalan keluar yang terbaik.
“ Rencananya pada 29 Januari mendatang kita akan undang semua pihak yang berkompeten untuk menangani permasalah irigasi ini, topik utamam pertemuan ini adalah mencari permasalahan utama hilangnya air dibeberapa titik bendung kelingi serta mencarikan jalan keluar terbaiknya. Termasuk pihak pers juga akan kita undang nanti,” jelas Kepala Badan Wilayah Sungai Sumatera VIII Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi I, Chairul Huda saat dikonfirmasi Harian Silampari.

Rapat yang direncanakan diselenggarakan di Ruang Rapat BBWSS VIII juga kan mengikut sertakan Dinas Pekerjaan umum (PU) Pengairan Kabupaten Musi Rawas (Mura) maupun Kota Lubuklinggau, sebab meskipun areal irigasi Kota Lubuklinggau sedikit tetapi Pemerintah Kota Lubuklinggau juga tidak dapat menutup mata terkait berkurangnya air menuju ujung saluran irigasi, sebab banyak juga kolam air deras yang masuk kedalam wilayah Kota Lubuklinggau.

Ditambahkannya, baik tidaknya aliran air disaluran irigasi sangat bergantung pada tiga hal, yang terama adalah jumalh air yang ada, yang kedua kualitas sarana dan pra saranan penyaluran saluran irigasi, dan yang terakhir adalah mekanisme pengolahan penyaluran dan pembagian air yang baik disetiap pintu air agar pasokan air untuk semua elemen yang memanfaatkannya tercukupi dengan baik.

“ Jumlah air yang tersedia dari bendungan watervang kita nilai lebih dari cukup untuk mengairi saluran irigasi, sarana dan prasarana saluran irigasi kita juga baik, baru saja dilakukan perbaikan dan tidak ada ditemukan kebocoran. sehingga faktor ketiga yaitu mekanisme pengolahan air disetiap pintu air yang akan kita koreksi kenapa di BK 14 hingga BK 17 bisa tidak kebagian air,” jelas Chairul.

Dari penelitian mekanisme pengolahan dan pembagian air disetiap pintu air inilah nantinya akan diketahui secara pasti di titik mana saja jumlah air berkurang atau dibelokkan dan tidka kembali lagi ke saluran asal, ditambahkannya jika terdapat kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan oleh pengelola kolam air deras tentu bukan kewenangan Badan Wilayah Sungai Sumatera VIII Bagian Pelaksana Kegiatan Irigasi I untuk melakukan teguran maupun tindakan, tetapi merupakan hak dan kewenangan pemberi izin dalam hal ini adalah pihak pemerintah baik itu Kabupaten Mura maupun Kota Lubuklinggau.(HS-blck

Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))