Read more: http://infosinta.blogspot.com/2012/04/cara-unik-agar-potingan-di-blog-tidak.html#ixzz2KmkBhfTz Harian Silampari Online (Jawa Pos Gruop): Budut Mulai Persiapkan Uji Kompetensi

Sabtu, 19 Januari 2013

Budut Mulai Persiapkan Uji Kompetensi

LUBUKLINGGAU- Medekati pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian  (UKK) 2013 maret mendatang.Peserta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Budi Utomo Lubuklinggau mulai memperisapkan mulai disibukan dengan berbagai persiapan. Sejak awal memasuki semester genap tahun ajaran 2012/2013,pasca libur semester gazal para guru kompetensi kejuruan mulai menerapkan pelatihan pra UKK 2013.
Ketua Yayasan Budi Utomo Lubuklinggau, Elven Asmar saat dibincangi Harian Silampari, Jumat (18/1)menyampaikan UKK  merupakan penilaian keterserapan pengetahuan siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran kejuruan. dimana, dengan adanya uji kompetensi kejuruan siswa dapat mengukur sejauh mana pengetahuan kejuruan yang mereka miliki selama belajar kurang lebih dalam waktu 6 semester.


Untuk itu kata Elven, dalam kurun waktu yang tersisah saat ini, SMK Budi Utomo akan melakukan berbagai persiapan. Salah satunya pelatihan tambahan untuk bidang kejuruan.
Pelatihan kompetensi kejuruan tambahan sampai saat ini belum terlalu di proaktifkan. Rencananya memasuki februari 2013 belajar tambahan mulai digalakkan.

"Sekarang kita sudah merancang untuk persiapan menghadapi ujian kompetensi kejuruan.Sementara ini masih perkelas dilatih ,tapi awal Februari nanti akan kita bagi perkelompok untuk difokuskan latihan bidang keahlian," ungkapnya

Selanjutnya kata Elven, peserta didik SMK Budi Utomo kelas XII yang akan mengikuti UK dan UN 2013 nantinya akan dibagi empat orang perkelompok untuk difokuskan latihan tambahan mengenai ilmu kejuruan.

"Februari kita akan latihan secara continue (berkelanjutan), untuk sementara ini belajar dasar-dasar dulu,"ujar Elven

Diterangkan Elven, latihan kontinyu peserta didik kelas XII akan fokus pada empat kompetensi. Meliputi tune up mesin,Kelistrikan ,pengapian dan perbaikan sistem rem/roda kendaraan.

Namun tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan materi sesuai dengan kebutuhan UKK 2013.

Elven juga menuturkan menyambut uji kompetensi 2013 para guru kejuruan atau produktif harus getol membekali peserta didik  sesuai dengan jurusan masing-masing. Agar pelajar siap melaksanakan UK pada  Maret mendatang. Serta  lulus dalam uji kompetensi.

Uji kompetensi merupakan salah satu syarat kelulusan UN bagi pelajar  SMK. Standar Kompetensi Lulusan (STL) uji kompetensi 2013 besar kemungkinan tidak akan ada perubahan tetap seperti sebelumnya yakni 7.0.

Dalam pelaksanaan UKK Maret mendatang para peserta ujian akan dihadapkan dengan berbagai kerusakan atau masalah pada kendaraan. Disini lah para peserta dituntut mampu mengatasi masalah yang diujikan.
Penguji UKK akan dilakukan oleh guru kejuruan, utusan dunia usaha dan industri (bengkel otomotif), dan dari Kursus Latihan Kerja (KLK. Untuk dapat dinyatakan lulus para peserta mendapatkan nilai minimal 7.0.

Elven berharap agar para peserta didiknya mulai sekarang sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi uji kompetensi yang akan dilaksanakan Maret mendatang.
 (HS-01)



Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))